9.10.10

9 Keunggulan Windows 7

Kegagalan Microsoft dalam meracik system terbarunya kala itu yang diberi nama dengan windows vista membuat perusahaan raksasa asal Redmond, Washington, Amerika Serikat ini lebih berhati-hati dan mematangkan pembuatan system terbarunya kala ini yang diberi nama windows 7.


Windows 7 hadir dengan berbagai kelebihan dan berikut ini 9 kelebihan yang di klaim oleh bos baru Microsoft pengganti Bill Gates, Steve Ballmer dalam windows 7 untuk memperbaiki system operasi pendahulunya.



  1. Mempercepat Pencarian File


    Dalam windows 7 anda bisa menemukan file yang anda cari dengan lebih cepat dan mudah. Caranya, ketikkan nama file / program yang hendak anda cari di dalam kotak pencarian pada start menu.


    windows-7-search


  2. Mudah melihat windows yang sedang terbuka


    Pada saat anda membuka banyak program dan atau file document misalnya dengan menggunakan software Microsoft World, terkadang anda merasa bingung melihat apa isi dalam file tersebut. Pada windows 7 anda bisa dengan mudah melihat apa isi dalam program yang sedang anda buka tersebut, caranya dengan melayang-layangkan kursor di atas ikon dari jendela yang terbuka. Anda akan melihat nama file dan program tersebut. Layangkan lagi di atas preview untuk melihat keseluruhan layar. Klik untuk menghubungkannya deangan jendela yang anda ingin lihat.


    opened-windows-7


  3. Cepat melihat isi desktop screen


    Sering kali kita harus menutup jendela satu per satu untuk melihat isi dalam desktop kita. Fitur Aero Peek membantu anda mengintip desktop tanpa menyentuh jendela. Caranya dengan melayangkan kursor di atas kotak bujur sangkar pada pojok kanan bawah. Klik di atas untuk memperkecil seluruh jendela yang terbuka. Ketika layar desktop terbuka, klik nagi untuk menampilkan kembali.


    aero-peak-windows-7


    You can temporarily view the desktop using Aero Peek. This can be useful for quickly viewing desktop gadgets and folders, or when you don’t want to minimize all open windows and then have to restore them.


  4. Jump List


    Jump List adalah sebuah fitur yang mirip dengan recent opened document pada windows xp. Perbedaannya terletak pada kerakteristiknya. Pada windows xp jika kita membuka sebuah file misal file .doc dengan ms world, maka akan terlihat file yang baru anda buka tersebut di start menu, namun pada windows 7 file tersebut akan anda temukan di sebelah kanan recent opened program yang bersangkutan.


    jump-list-windows-7


    Jump Lists are lists of recent items, such as files, folders, or websites, organized by the program that you use to open them. In addition to being able to open recent items using a Jump List, you can also pin favorites to a Jump List, so you can quickly get to the items that you use every day.


  5. Snap


    Fitur Snap membantu kita melihat kembali jendela dengan lebih baik dan memudahkan membandingkan 2 dokumen satu sama lain. Carannya dengan menarik jendela ke satu sisi dari layar. Ketika pointer mouse ke sisi lain, jendela akan snap setengah dari layar. Untuk memperluasnya secara vertical, tarik border ke pinggir layar. Ketika pointer mouse di pinggir, jendela akan snap ke vertical penuh.


    You can use Snap to arrange windows side by side, which can be especially helpful when comparing two documents or when moving files from one folder to another.


    To arrange windows side by side



    • Drag the title bar of a window to the left or right side of the screen until an outline of the expanded window appears.

    • Release the mouse to expand the window.

    • Repeat steps 1 and 2 with another window to arrange the windows side by side.


    To return the window to its original size, drag the title bar away from the top of the desktop and then release.


    Tip

    To snap an active window to the side of the desktop using the keyboard, press either Windows logo key + Left Arrow or Windows logo key + Right Arrow.


  6. Pin


    Fitur ini menyerupai dengan fitur quick launch pada windows xp, perbedaannya terletak pada kemudahan anda menambahkan sebuah program untuk anda jadikan sebagai pin. Dengan fitur pin, anda dapat mengakses taskbar dengan satu klik. Layangkan kursor di atas program favorit anda dan tarik ke taskbar. Atau klik kanan di atasnya dan pilih “pin” di Taskbar. Program anda akan jadi pin. Untuk membukanya, klik pada ikon Taskbar.


    pin-start-menu-windows-7


    Pin a program to the Start menu

    You can pin program shortcuts to the top of the Start menu so that you can open them quickly and conveniently.


    To pin a program to the Start menu

    Click Start, browse to the program, right-click the program, and then click Pin to Start Menu. The program’s icon appears at the top of the Start menu.


    Tip

    You can also pin a program to the Start menu by clicking Start, browsing to the program, and then dragging it to the top left of the Start menu.


    In addition to pinning programs to the Start menu, you can also pin programs to the taskbar. You might decide to pin frequently-used programs to the taskbar, and occasionally-used programs to the Start menu.


  7. Mudah menambahkan perangkat nirkabel (tanpa kabel)


    Dengan Windows 7 menambahkan perangkat nirkabel jauh lebih mudah. Kemudahan ini akan anda rasakan ketika anda hendak menambahkan perangkat nirkabel seperti jaringan printer dan digital media player. Anda cukup menjalankan proses wizard “Add a Device” lalu ketik lokasi pin pada perangkat nirkabel yang anda miliki.

  8. Berinternet lebih cepat, aman dan mudah


    Internet Explorer 8 membuat penggunaan internet jadi lebih cepat, aman dan mudah. Melalui web slices, anda dapat melacak jejak informasi secara khusus. Ini lebih mudah diikuti ketimbang lelang di eBay atau berita terbaru dari ESPN. Dengan kontak instant search di internet explorer, hasilnya dapat diikuti secara real time. Hasil pencarian juga dilengkapi dengan the SmartScreen, yaitu filter yang melindungi anda dari spam, virus dan lainnya. Sedangkan InPrivate membantu privasi anda menjelajahi dunia maya setelah menutup browser.

  9. Flexible dalam personalisasi komputer


    Windows 7 memberikan banyak kemudahan dan pilihan dalam personalisasi komputer. Caranya dengan meng-klik kanan pada desktop kemudian klik personalize untuk memilih salah satu dari banyak tema yang menarik. Anda juga bisa mengganti secara otomatis background desktop komputer anda (slide show). Klik Gadgets untuk menambahkan informasi yang sering dibutuhkan pada desktop.


    personalisasi-gadget-windows-7



Artikel 9 Keunggulan Windows 7 ini pertama kali ditulis oleh Drajat A Ghozali di blog Majalah Komputer Online. Artikel ini bebas untuk didistribusikan ulang untuk kepentingan non komersial selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak mengubah isi.

Comments :

0 komentar to “9 Keunggulan Windows 7”

Posting Komentar

Donasi

Kisah Sukses

 

Copyright © 2009 by Tech E-learning Center

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger

Back To Top
Powered by Olark